Agar Tak Salah Kaprah, Ketahui Perawatan Baju Gamis Berdasarkan Bahannya Berikut Ini!

Para kaum hawa, khususnya adalah muslimah tentunya senang membeli pakaian yang tertutup bukan, agar bisa dipadukan dengan hijab. Mengingat sudah menjadi sebuah kewajiban untuk menjaga aurat bagi para muslim, itulah mengapa tak heran jika seandainya model-model pakaian untuk wanita muslim kian lama juga kian bervariasi. Ada banyak pilihan model-model terbarunya yang membuat busana tersebut jadi semakin menarik dan pastinya juga sangat cocok untuk dipakai dalam berbagai macam aktivitas, salah satu diantaranya adalah baju gamis. Tentunya tidak asing lagi dengan model busana yang satu ini bukan.

   Agar Tak Salah Kaprah, Ketahui Perawatan Baju Gamis Berdasarkan Bahannya Berikut Ini!

Bagi kaum hawa busana ini termasuk salah satu koleksi yang sangat wajib di dalam lemari, apalagi nantinya akan sangat bermanfaat dipakai untuk acara-acara penting, contohnya adalah untuk ke kondangan atau pesta. Bahkan juga saat perayaan lebaran. Di pasaran sendiri produknya juga sangat mudah untuk dijumpai, bahkan Anda bisa mendapatkan yang tawaran harganya juga murah meriah.

Baca Juga : Tips Tampil Modern dengan Menggunakan Baju Gamis

Berbicara mengenai baju gamis ini selain tau model-model yang bagus, maka pastikan juga untuk tau bagaimana cara perawatannya. Satu hal yang patut menjadi catatan, bahkan perawatan pakaian semacam ini sangat bergantung pada pilihan bahannya, sehingga tindakan yang diambil juga tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang harus Anda ketahui:

  1. Bahan sifon, bahannya ringan dan biasanya cenderung menerawang, sebaiknya dicuci dengan mengenakan tangan dengan suhu yang digunakan maksimal 30 hingga 40 derajat Celcius saja, jangan terlalu panas, karena bisa merusak kain tersebut, pada proses penjemuran hendaknya jjga jangan langsung terkena sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja jenis kain tersebut umumnya bisa langsung kering.
  2. Bahan satin, bahan ini memiliki tekstur yang halus dan agak mengkilap, sebaiknya dicuci dengan memakai detergen khusus sehingga tidak mudah rusak. Kemudian untuk pencucian sendiri jangan gunakan mesin, melainkan cukup dengan tangan, karena jika ada noda yang menempel pada jenis kain tersebut akan cukup sulit menghilangkannya. Ketika menyetrika juga sebaiknya gunakan panas sedang, sehingga tidak membakar kain.
  3. Bahan katun, bahan ini paling banyak dipilih masyarakat untuk busana mereka karena nyaman digunakan dan juga efektif menyerap keringat, proses pencuciannya sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan mesin maupun tangan, karena tidak akan merusak seratnya yang tebal, hanya saja ketika menjemur membutuhkan waktu agak lama, karena umumnya bahan ini menyerap air terlalu kuat.
  4. Bahan sutra, mahal dan menghasilkan tampilan yang bagus, namun paling sulit dirawat, mulai dari mencuci harus dengan tangan biasa, tidak boleh dicampur busana yang lainnya, begitu juga ketika menyetrika, harus dilapisi dengan kain lain agar tidak mudah hangus.

 

Penting untuk mengetahui cara merawat baju gamis tersebut berdasarkan bahannya agar tidak salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *