3 Tips Memilih Baju Batik untuk Dikenakan ke Berbagai Acara Formal

Baju batik memang salah satu peninggalan kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Karena adalah identitas bangsa ini, maka pakaian ini sering digunakan untuk menghadiri berbagai acara dari yang santai atau casual sampai dengan formal. Pada acara formal, biasanya yang memakai batik lebih banyak adalah para pria. Namun banyak pula wanita yang menggunakan batik namun dipadukan dengan beberapa fashion lainnya. Sebenarnya memakai baju ini sangatlah baik untuk Anda karena akan selalu terlihat formal dan sopan, namun Anda seharusnya dapat memilih yang mana yang cocok untuk Anda kenakan sehingga tidak akan terlihat aneh, lucu, bahkan jelek dimata orang lain. 

Berikut adalah 3 tips memilih baju batik yang cocok untuk Anda saat dikenakan untuk acara formal: 

  • Kenakan yang Berukuran dan Potongannya Pas

Baju yang baik adalah yang ukurannya pas dengan tubuh Anda serta potongannya yang tidak akan membuat Anda terlihat aneh, melainkan menjadi lebih baik dan keren. Jika yang Anda pakai kebesaran atau kekecilan, maka itu akan membuat diri Anda terlihat aneh, dan bisa saja memunculkan pemikiran orang kalau Anda sebenarnya tidak punya batik dan meminjamnya dari orang lain. Untuk potongannya, memang tidak semua potongan dapat membuat Anda terlihat menjadi lebih baik, namun pastikanlah jika panjangnya pas dan potongan itu tidak akan membuat Anda terlihat aneh. 

  • Perhatikan Bahan dan Jenisnya

Bahan untuk membuat pakaian ini memang bermacam-macam, seperti misalnya sutera, katun, dan lain sebagainya. Berdasarkan cara pembuatannya, dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu yang ditulis dengan tangan dan ditulis dengan mesin. Bahan yang paling baik untuk Anda kenakan adalah yang nyaman jika terkena atau bergesek dengan kulit. Untuk jenis batik, untuk memeriksa kualitasnya, cobalah mengusap cetakan warnanya. Jika menempel di tangan, jangan beli baju tersebut karena nantinya akan luntur dengan mudah. 

  • Perhatikan Warna dan Motifnya

Agar membuat Anda terlihat lebih keren dan elegan, perhatikanlah warna serta motif batik tersebut. Warna ini juga dapat dicocokkan dengan karakter Anda masing-masing. Jika ingin memakai warna gelap, maka padukanlah batik berwarna gelap dengan celana berwarna gelap pula. Jika ingin terang juga lakukanlah hal seperti itu. Pilihlah semua itu sesuai dengan kesukaan dan karakter Anda, asalkan dapat membuat Anda merasa percaya diri dan nyaman saat dipakai. 

Setelah mengetahui cara memilih baju batik yang tepat untuk Anda, sekarang pun Anda tidak akan merasa bingung lagi untuk memilih mana yang cocok untuk Anda. Yang terbaik adalah Anda harus memilihnya sendiri, pilihlah yang sesuai dengan karakter Anda serta pilihlah apa yang disukai. Jangan mengikuti kata orang, tetapi jadilah diri sendiri dan Anda harus merasa bangga saat mengenakannya, karena itu adalah identitas bangsa Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *