Home Beauty Simak Beberapa Hal Berikut yang Menyebabkan Rambut Rontok

Simak Beberapa Hal Berikut yang Menyebabkan Rambut Rontok

by Caswitin
penyebab rambut rontok

Rambut rontok selain membuat tidak nyaman, juga akan mengurangi keindahan rambut. Bagaimana tidak? Rambut adalah mahkota yang akan terlihat indah jika bervolume lebat. Rontoknya rambut helai demi helai jelas akan mengurangi volume rambut tersebut.

Nah, kira-kira faktor apa saja yang bisa menyebabkan kerontokan rambut? Berikut ini penyebab rambut rontok yang mungkin tidak kalian sadari :

1. Cara mengikat rambut

penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

Bagi kamu yang mempunyai rambut panjang, mengikat rambut adalah cara menata yang paling praktis. Rambut akan terlihat labih rapi. Namun sayangnya, mengikat rambut yang terlalu kencang akan menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Ikatan rambut yang terlalu kencang akan menarik akar rambut sehingga membuat akar rambut tertarik. Akar rambut yang tidak terlalu kuat akan sangat mudah sekali tercabut yang menyebabkan rambut mudah rontok.

2. Diet yang tidak seimbang

penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

Penyebab rambut rontok yang selanjutnya adalah diet yang tidak seimbang. Diet asal-asalan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu justru akan merugikan dirimu sendiri. Tubuh perlu nutrisi seimbang untuk bisa menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Diet yang tidak seimbang akan membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga tidak seimbang. Alhasil, banyak fungsi dan peran sel dan organ dalam mengalami kerusakan. Salah satunya berkurangnya nutrisi pada kepala sehingga menyebabkan rambut rontok.

3. Stress yang berlebihan

penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

Stress merupakan hal wajar sebagai reaksi dari beban fikiran yang dirasa seseorang. Namun stress yang berlebihan akan membuat beberapa hormon dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. Hormon yang terganggu inilah yang akan menyebabkan terganggunya peredaran darah ke seluruh tubuh. Salah satunya peredaran darah ke kepala. Jika peredaran darah ke kepala tidak lancar, maka akan menjadi penyebab rambut rontok yang berlebihan.

Baca Juga:  Mengenal Legenda Fashion Gucci yang Merajai Dunia Mode

4. Aktivitas di luar ruangan

penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

Selain stress yang berlebihan, penyebab rambut rontok yang selanjutnya adalah aktivitas di luar ruangan. Aktivitas yang berlebihan di luar ruangan akan membuat rambut terpapar pulusi dan sinar matahari. Sinar matahari ini selain merusak pigmen rambut sehingga menjadikannya berubah warna, juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Keratin pada rambut yang berfungsi untuk mencegah kerontokan dan menjadikan rambut sehat akan dikikis sinar UV sehingga tidak mampu lagi menanggulangi rambut dari kerontokan. Oleh sebab itu, lindungi rambut jika diharuskan beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Polusi

penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

Apakah kamu tahu? Bahwa polusi yang berlebihan akan menjadi penyebab rambut rontok. Partikel debu dan udara yang 80 kali lebih kecil dibandingkan dengan folikel rambut akan menempel pada rambut dan kulit kepala akan merusak dan membuat rambut menjadi rontok. Untuk mencegah kerontokan rambut akibat polusi, kamu tidak hanya cukup mengurangi aktivitas yang berhubungan langsung dengan polusi. Tapi juga menggunakan sampo dan konditioner dengan kandungan pencegah kerontokan rambut.

6. Rambut yang terlalu panjang

penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

Salah satu penyebab rambut rontok pada wanita adalah ukuran rambut yang terlalu panjang. Rambut yang terlalu panjang akan menyebabkan akar rambut semakin lemah. Jika akar rambut ini sudah tidak mampu lagi menjaga kekuatan rambut, maka akan tercerabut dan rambut lebih mudah terjadi kerontokan.

Demikian 6 hal yang bisa menjadi penyebab rambut rontok. Cobalah untuk menghindari hal-hal di atas agar rambut tidak mudah rontok. Tetap lakukan perawatan dari dalam dan luar agar rambut senantiasa sehat alami dan bebas dari kerontokan.

Baca Juga:  Model Baju Terbaru Syahrini yang Kontroversial

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More